Alergi Tungau, Penyebab Anak Batuk dan Bersin Hanya di Malam dan Pagi Hari

Fogging Tidak Efektif Membasmi Tungau Kasur
February 28, 2017
Fogging Tidak Efektif Membasmi Tungau Kasur
February 28, 2017

Jakarta, Pernahkah Anda atau anak hanya batuk dan bersin tiap malam dan pagi hari? Beberapa orang mengatakan hal ini terjadi karena alergi dingin. Padahal menurut pakar, bukan udara dingin penyebabnya.

Prof Budi Setiabudiawan, SpA(K), MKes, Ketua Unit Kerja Koordinasi Alergi Imunologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan bahwa definisi alergi adalah reaksi antibodi tubuh yang abnormal, dan diakibatkan oleh masuknya alergen. Karena itu sangat kecil kemungkinan udara dingin menjadi alergen.

“Yang paling mungkin sebabnya itu tungau. Tungau ada di mana-mana, di karpet, di sofa, di tempat tidur. Kalau dia alergi tungau dan tungau masuk ke saluran pernapasan ya akhirnya jadi batuk, atau bersin dan hidung meler,” tutur Prof Budi dalam temu media Morinaga Allergy Week di Kalcare, Lotte Shopping Aveneu, Jl Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/4/2015).

Baca juga: Selalu Bersin Saat Bersih-bersih Rumah? Bukan Debu, Itu Kutu!

Soal kenapa hanya terjadi di malam atau pagi hari, Prof Budi memberikan penjelasannya. Ketika siang dan sore anak biasanya menghabiskan waktu di luar rumah, misalnya sekolah, belajar atau bermain. Karena itu anak terhindar dari paparan tungau dan tidak batuk serta bersin-bersin.

“Kalau sore kan dia pulang ke rumah. Nah menjelang malam sudah mulai batuk-batuk itu karena sudah terpapar tungau. Atau pagi-pagi bangun hidung meler, karena terpapar tungau di tempat tidur,” urainya.

Prof Budi mengatakan bahwa tungau sangat sulit terlihat oleh mata. Bahkan meski sofa, karpet atau tempat tidur sudah dibersihkan, bukan tidak mungkin masih ada tungau yang tersisa dan akhirnya masuk ke tubuh karena terhirup.

Reaksi alergi paling umum yang disebabkan oleh tungau adalah batuk, bersin dan hidung meler. Pada kondisi tertentu, alergi tungau juga juga bisa menyebabkan mata merah dan berair.

“Disebut juga sebagai rinitis alergi. Biasanya selain batuk dan bersin juga mata bisa merah dan berair. Kalau anak sering megang-megang hidung atau hidungnya sering gatal, itu patut dicurai,” urainya lagi.

Penting bagi orang tua untuk segera membawa anak ke dokter jika memang memiliki ciri-ciri alergi tungau. Selain itu kebersihan rumah harus selalu dijaga, dan tak lupa untuk selalu mencuci barang-barang dengan bahan kain yang ada di rumah.

 

http://health.detik.com/read/2015/04/17/184852/2890823/764/forum.detik.com/alergi-tungau-penyebab-anak-batuk-dan-bersin-hanya-di-malam-dan-pagi-hari