Tempat Tidur Pun Bisa Jadi Sumber Penyakit

Pentingnya Mengganti Bantal Tiap 6 Bulan untuk Cegah Alergi
February 27, 2017
Fogging Tidak Efektif Membasmi Tungau Kasur
February 28, 2017

Tempat Tidur Pun Bisa Jadi Sumber Penyakit

Kasur Anda yang empuk bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi tungau debu dan kuman.

foto-tempat-tidur-pun-bisa-jadi-sumber-penyakit Tempat Tidur Pun Bisa Jadi Sumber PenyakitPara ilmuwan menemukan bahwa tungau beradaptasi secara luar biasa dengan semua ceruk di alam. Contoh kasus: Bulatan lilin warna-warni yang kedap air memastikan bahwa tungau lumut tetap kering di dunia lembap tersebut. Foto ini dibuat dengan pemindaian mikroskop elektron. Gambar hitam-putih yang dihasilkan kemudian diwarnai agar sesuai dengan penampilan alami tungau. (Martin Oeggerli)

Tempat tidur bisa menjadi sumber penyakit. Kasur Anda yang empuk bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi tungau debu dan kuman. Akibatnya, Anda yang tiap hari tidur di sana rentan terserang flu, asma, rinitis alergi, hingga keracunan makanan.

Ahli memperingatkan tungau debu dan kuman yang tinggal di sprei tempat tidur dapat menyebabkan asma, hayfever, flu dan keracunan makanan

Tak hanya kasur, di balik selimut, bantal dan guling tersimpan jutaan organisme kecil yang membuat Anda sakit.

Seorang ahli kesehatan di tempat tinggal atau rumah, dokter Lisa Ackerley mengatakan, manusia bisa membawa kuman tersebut ke tempat tidur.

“Tungau menyukai lingkungan yang lembab, tempat tidur adalah lingkungan yang sempurna. Mereka mereproduksi sehingga akan ada sekitar 10 juta tungau per tempat tidur,” kata Lisa.

Ketika meninggalkan kamar selama seharian, sering kali seseorang menutup jendela sehingga tercipta lingkungan yang lembab. Kurangnya ventilasi pada rumah pun bisa membuat udara lembab.

Jika tidak sering dibersihkan, menurut Lisa dalam waktu dua tahun bantal Anda akan dipenuhi 10 persen tungau dan kotorannya. Adanya kotoran tungau bisa memicu alergi. Kemudian membuat kulit meradang atau eksim hingga rinitis alergi. Sebanyak 80 persen penderita asma juga diperkirakan disebabkan oleh tungau debu.

Hal senada dikatakan dokter Ackerley. Menurut dia, tungau debu dapat  menyebabkan rinitis alergi, batuk, dan mata kering. Tidur pun akan sangat terganggu. Bahkan, bagi orang yang memiliki alergi, dampaknya bisa menjadi lebih buruk.

Untuk itu, cucilah sprei atau alas kasur setiap minggu. Cucilah secara terpisah dengan pakaian lain. Tambahkan pula sabun antibakteri.

http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/05/tempat-tidur-pun-bisa-jadi-sumber-penyakit